Cara membuat bootable flashdisk support semua operating system dengan mudah

Oke gan disini saya akan membagikan tutorial cara membuat bootable flashdisk usb support semua operating system dalam konteks tested di windows dan linux, sebenarnya banyak software untuk membuat bootable flashdisk seperti contohnya yang paling mainstream rufus, tapi dalam kesempatan kali ini saya fokus di software ventoy,

Apa itu ventoy?

Ventoy adalah software open source untuk membuat bootable usb flashdisk untuk file ber extensi ISO, 

Lalu bagaimana caranya?

1. Download ventoy di website resminya https://www.ventoy.net/ sesuai system operasi yang agan gunakan, dalam tutorial kali ini saya menggunakan windows 10 jadi saya pilih windows, kira kira seperti ini tampilan nya.



2. Setelah di download dan di ekstrak isi nya kurang lebih seperti ini ventoy versi 1.0.74


3.Tancapkan USB flashdisk yang akan agan gunakan sebagai falshdisk bootable ke komputer, lalu klik Ventoy2Disk.exe, disini saya menggunakan flashdisk ADATA 16GB, kalo sudah terbaca tinggal klik install dan ketik YES lalu tunggu sampai ventoy mem format flashdisk tersebut sampai selesai.




Sampai sini flashdisk sudah terformat ventoy dengan lancar, dan sudah terbaca sebagai ventoy di partisi windows, dan sudah siap digunakan, memang keliahatan nya seperti kosong dan itu tidak apa apa memang seperti itu.





4. Pindahkan atau copy file ISO windows ke flashdisk yang sudah di format barusan, disini saya test dengan memindahkan windows XP ke flashdisk ventoy, agan bisa memindahkan file ISO sesuka agan selama flashdisk nya muat untuk membuat multiboot, mau itu windows 7, windows 8.1, windows 10, windows 11, linux tanpa harus format ulang seperti rufus, mau ISO nya di hapus pun ga masalah.


Sampai sini flashdisk sudah siap di gunakan



Tinggal booting flashdisk ventoy nya di bios.

demikian tutorial cara membuat bootable flashdisk support semua operating system dengan mudah versi ventoy kali ini, jika ada yang kurang mengerti jangan sungkan bertanya di kolom komentar.

Post a Comment